Wednesday, October 08, 2008

Misteri Soliter -- Jostein Gaarden

Cerita keluarga bercampur filsafat.
Tentang ayah dan anak (Hans Thomas) yg melakukan perjalanan dari Arendal untuk mencari istri atau bunda yang tersesat di dunia mode Athena.

Sosok Ayah, yg suka minuman keras tapi gemar berfilosofi dan pengoleksi joker..
kemudian Hans Thomas yg selalu membaca nama kota ato tempat dengan cara terbalik dari belakang ke depan, misalnya Roma jadi Amor.. juga buku mungil 'Soda Pelangi dan Pulau Ajaib' dari Tukang Roti Tua di Dorf yang dibaca dengan kaca pembesar ... semua di kemas jadi satu, dan dengan akhir yang sama.. keren.

Kalimat favorit-ku..

"Setiap pagi kalian pergi kerja, tetapi kalian belum betul2 bangun. Tentu saja kalian melihat matahari dan bulan, bintang2 di langit dan segala sesuatu yg bergerak, tetapi kalian belum sunguh2 melihat semuanya. Berbeda dengan Joker, karena ia ada di dunia ini dengan sebuah cacat : ia melihat terlalu dalam dan terlalu banyak" (hal 336)

Yup, betul sekali.. kita terlalu terbiasa... dengan sekeliling kita, dan sering kali lupa bahwa kita 'hidup' untuk merasakan hal2 baru setiap saat... sehingga kita tidak bersyukur untuk nafas kehidupan dan keberadaan kita. Tentu bukan asal ada, karena kita ada untuk saling melengkapi.. saling memberi warna.. apapun itu.

No comments: