Monday, July 23, 2012

Buku Land of Love

Sudah lama saya tidak membeli buku. Kemarin waktu iseng mengintip toko buku online bookoopedia, ada satu buku yang sudah lama saya incar diterbitkan lagi. Judul-nya Bo & Jo - Kisah Ketika Suami Berusia Jauh Lebih Muda. Saya penasaran membaca review di mana2 yang mengatakan klo buku ini bagus. Setelah di baca ternyata biasa.. ga ada apa2-nya, hehe review memang kadang2 menipu ^_^.

Selain itu, saya juga membeli Land of Love-nya Anthony de Mello. Ini dia penampakan-nya..


Waktu pertama kali membuka, yang terbaca Takut -- Akar Kekerasan.
Saya tuliskan y..

20. Takut -- Akar Kekerasan

Sebagian mengatakan bahwa hanya ada dua hal di dunia: Tuhan dan Takut. Jawab saya,"Cinta dan Takut, hanya ada dua hal ini." Hanya ada satu kejahatan di dunia ini: takut. Hanya ada satu kebaikan di dunia ini: cinta. Mereka kadang disebut dengan nama2 lain. Kadang disebut kebahagiaan atau kebebasan atau kedamaian atau sukacita atau Tuhan atau apa pun. Tapi labelnya tidak benar2 penting. Dan tiada satu kejahatan pun di dunia ini yang tak bisa Anda lacak kembali ke rasa takut. Tak satu pun.

Kekelirutahuan dan ketakutan, kekelirutahuan disebabkan oleh ketakutan, itulah di mana segala kejahatan berasal, itulah dari mana kekerasan Anda datang. Orang yang sungguh2 anti-kekerasan, yang tidak mampu melakukan kekerasan, adalah orang tanpa ketakutan. Hanya ketika Anda takut, Anda marah. Pikirkan kali terakhir Anda marah dan carilah rasa takut di baliknya.

Kehilangan apa yang Anda takuti? Apa yang Anda takut diambil dari Anda? Itulah tempat kemarahan muncul. Pikirkan seseorang yang marah, mungkin seseorang yang Anda takuti. Bisakah Anda lihat betapa ketakutannya dia? Dia benar2 takut, dia sungguh takut. Jika tidak, dia tak akan marah. Pada akhirnya hanya ada dua hal, cinta dan takut.

Dalam retret ini saya akan membiarkan pembahasan seperti ini, tidak terstruktur dan bergerak dari satu hal ke hal lain, dan kembali ke tema lagi dan lagi, karena itulah cara untuk benar2 menangkap apa yang saya katakan. Jika itu tidak mengenai Anda pertama kali, mungkin akan berhasil di kali kedua, dan apa yang tidak mengena ke satu orang mungkin mengena ke yang lain. Saya punya berbagai tema, tapi semuanya mengenai hal yang sama. Sebut saja itu penyadaran, sebut itu cinta, sebut itu spiritualitas, atau kebebasan, atau pencerahan, atau apa pun. Itu sesungguhnya hal yang sama.

Sumber : Land of Love, hal 98-99



Saat membaca, melihat diri saya di situ. Apalagi belum lama ini saya marah dengan winda (yang menemani di rumah). Dan betul dibalik kemarahan itu ada ketakutan.Selain itu, kok hampir semua tindakan tercetus karena rasa takut y, atau untuk membuat saya merasa nyaman dan aman. Begitulah batin ini...

Yang pasti, saya menyukai tulisan2 beliau. Tulisan yang membuat saya bercermin.

2 comments:

Episode Diri said...

Wow... kudu ikut membaca ya.. ilmu kehidupan memang tidak pernah ada akhirnya

Mauryn Nat said...

Bgus?! Says kagum