Friday, January 10, 2014

Masalah Kesehatan

Gara2 obrolan dengan teman 
"Aku dong cuti-nya belum berkurang" 
"Udah, ga usah sombong. Umur kita sama. Januari juga baru mulai" 
"Iya juga ya. Sekarang ini klo gejala flu aja, udah ga bisa dipaksa kerja. " 

Saya pernah melihat di salah satu web (*lupa dimana), yang menunjukkan grafik kesehatan. Bentuknya seperti kurva. Di mulai saat bayi, posisi-nya akan semakin naik mengikuti umur, dan akan mencapai titik tertinggi saat umur 20-an(*lupa tepatnya umur berapa), setelah itu akan kembali turun ke posisi saat bayi lagi. 

Memang betul, seperti yang saya alami. Sejak terkena frozen shoulder, gampang sekali kesleo. Mengangkat beban dengan posisi yang salah, kesleo. Duduk terpepet di bus semalaman, kesleo. Hehe urat-nya seperti orang tua. Jadi jangan heran, klo saya selalu mempunyai persediaan thrombophop, feldene, dan counterpain. Penanganan saat kesleo? Hari pertama kedua, tempat yang sakit saya kompres dengan air es, kemudian dioles thrombophop dan feldene. Hari ke-3 dst, dikompres air hangat dan dikasih counterpain. Plus saat tidur, posisi yang sakit lebih tinggi dari badan/jantung. 

Ini baru satu sisi, urat. Belum yang lain dan umur saya belum genap 40 tahun. Bagaimana saat 50 tahun ke atas? Huaa, panik-panik. Tidak mau bertambah umur. Ya ga lah ya, tidak bisa begitu karena itu alami. Semakin berumur, daya tahan tubuh pun akan menurun. 

Klo kata guru pembimbing meditasi saya, "berlatihlah kesadaran sedini mungkin, saat masih sehat". Betul juga, bagaimanapun saat tubuh sakit/melemah, konflik/penderitaan akan semakin banyak.

No comments: