Friday, June 27, 2008

Tentang Merajut

....Misiii......
mbak rajutannya bagus-bagus deh.palagi yg modelnya hape-hape.mbak aq maw nanya...boleh ya???????
aq juga demen banget yang namanya "ngrajut" tapi aq kesulitan cari baannya esp.BENANG!!!!!Trus rekomendasi-in buku-buku tentang rajutan donk.Kalo di jogja toko benang yg lengkap d mana ya???Makasih banget mbak sebelumnya.....


waaah, senengnya.. dapat temen yg demen ngrajut...
Karena pertanyaan ini, sekalian mengulas sedikit tentang merajut ah!

Merajut itu ada 2 macam, yg pertama crochet /hakken/renda hanya pakai satu jarum yg biasa disebut hakpen, sedang yg satunya knitting/breien/rajut.. nah yang ini pakai 2 jarum.

Belajar merajut sendiri ga begitu susah karena hanya butuh ketelatenan dan pantang menyerah (ulang lagi... ulang lagi...).
Ada beberapa alternatif untuk itu:
*- Belajar dari buku
Klo ini pengalaman pribadi, dulu belajar dari buku Ondori (Jepang). Walaupun yg terbaca cuman angka, tapi ilustrasi/gambar-nya lengkap dan jelas banget, langkah per langkah, jadi ga bingung ngikuti-nya.

*- Belajar dengan browsing di internet
ada begitu banyak, dan ada juga video tutorial-nya, semua gratis hanya bayar biaya internet-nya saja. Berikut beberapa link yg bisa dikunjungi…
learn to knit
crochet about
lion brand

*- Kursus
nah ini yg paling gampang, ada ibu guru...yg ngebimbing kita. Biasanya per project, pertama buat yg paling gampang dulu, setelah itu yg lebih susah begitu seterusnya.
Di toko2 yg jual benang, hampir semua menyediakan kursus.

Setelah bisa dasar2nya, tinggal nyari pola...
*- Lagi2 browsing di internet.. banyak yg gratis dan bagus2.. tapi kebanyakan pola tulisan. Modal pede + nekat, mulai aja dari yang guampang + yang paling dikit barisnya, klo itu berhasil.. dijamin ga takut nyobain lain-nya.

*- buku2 terbitan luar, banyak yg bagus tapi mahal2 kalau mau yang murah, beli buku di China cuman 40 ribuan (Rp), bukunya besar dan tebal... klo ada temen yg ke sana nitip aja he3.

*- yg bahasa indonesia, buku2-nya mba Thata Pang "Rajutan untuk Pemula" dan buku-nya teh Didy "Merajut Yuk"

Nah sekarang tempat hunting perlengkapan:

Jakarta
Hobby Craft
Citra Land – di lt, 3 klo ga salah sebelum gramedia
Blok M Plasa – di lt 4 klo ga salah
Plasa Semanggi – di lt 2 klo ga salah

Micky Mocko
Blok M Plasa – di lt 5 klo ga salah
Tebet Dalam– nah ini masuk gang sebelah Gelael Pancoran, ga jauh kok mungkin 3/4 rumah adanya di sebelah kanan sebelum warnet klo ga salah

Pasar Mayestik - ga tau nama tokonya, kebanyakan benang kinlon

Pasar Pagi Lama (perempatan kota klo dari Glodok ke kiri, jalan lurus aja...)
Toko Delapan – benang wool lokal dan benang kasur
Sun Flower – kebanyakan import
O iya sebelum toko Delapan ada juga yg jual benang kasur

Pasar Pagi Mangga Dua – di lt 3, disini ada juga yg jual buku b*j*k*n

Klo liat2 buku di Kinokinuya Plasa Senayan.


Bandung
Bisa liat di sini
Tobucil

Yogya
toko 63 posisinya di samping perpusda malioboro depan hotel Garuda (Natour), tapi di sana bukanya mulai jam 9-14 thok, karena yang jualan udah pada lansia. lumayan lengkap jenis benangnya, cuman rata-rata buatan lokal. Malah ada buku-buku crochet dan si nenek yang jualan di sana buka kursus breien juga
(sumber : milis mari merajut

ps : Waduh, toko benang di yogya, ga tau e... nanti tanya kk sepupu yg disana, klo dapat info di kasih tau d

Surabaya
Craft and Me


Salam Merajut

1 comment:

Anonymous said...

Di Yogya:
Gita Galeri Rajut
Jl Kaliurang Km 6
Gang Pandega Padma A-01
Jogja
fb: benang rajut jogja
blog: gitagalerirajut.blogspot.com
Hp: 0878 38 28 98 36