Sunday, May 20, 2012

Berbohong

Semua orang pasti pernah mengatakan atau mengingkari kebenaran, termasuk saya.

Diingat2, jika sedang malas menjawab pertanyaan yang jawabannya atau lanjutannya panjang, saya biasanya memakai jurus ampuh -berbohong-. Dijawab saja yg praktis, meyakinkan dan tidak menimbulkan pertanyaan, beres d.

Apakah selesai sampai di situ? Tidak juga. Saya harus menyesuaikan pertanyaan berkaitan dengan jawaban sebelumnya dan betul pepatah lama yang mengatakan satu kebohongan akan diikuti dengan kebohongan yang lain. Belum lagi alarm saya yang mengatakan ih bohong.

Bagaimanapun, berbohong pasti menimbulkan konflik.

Ada satu lagi, saat malu dengan apa yang dirasakan, pikirkan atau saat merasa tidak pantas/layak/seharusnya tidak begitu dengan apa yang ada.. saya juga memakai jurus ampuh itu -mengingkarinya-.

Hal terakhir inilah yang menjadikan konflik mendalam. Begitu susah untuk jujur terhadap diri sendiri. Ya.. saya begitu ingin terbuka namun tidak bisa berani melepas ikatannya ^_^.

No comments: