Wednesday, May 16, 2012

Frozen Shoulder #2

Saya barusan iseng nyari di google tentang bahu beku, dan dapat artikel bagus

Ini saya cuplik bagian 'apa yang harus dilakukan?' dan 'pentingnya latihan di rumah'.

Apa yang harus dilakukan?
Ketika bahu anda terasa nyeri jangan disepelekan, upayakan untuk mendapatkan pengobatan dan penanganan yang benar. Sebagai tindakan awal yang dapat dilakukan di rumah saat bahu terasa nyeri atau ketika bahu mengalami cedera, adalah memberikan kompres dingin pada bahu dan untuk mengurangi nyeri dapat diberikan obat pengurang rasa sakit yang tersedia di rumah atau yang dapat dibeli dengan bebas, seperti parasetamol. Bahu dapat diistirahatkan 1 sampai 2 hari, setelah itu bahu harus mulai digerakkan. Apabila keluhan berlanjut, segeralah cari pertolongan dokter. Banyak orang sering meremehkan dan menganggap sepele gangguan pada sendi bahu ini, mereka menganggap paling-paling hanya karena terlalu lelah, atau karena posisi tidur yang kurang baik yang menyebabkan bahu tertekan, atau karena kurang bergerak. Padahal bila didiamkan dan tidak mendapatkan pengobatan dan penanganan yang baik, akan berkembang menjadi frozen shoulder yang dapat mengganggu kualitas hidup seseorang.

Fokus penanganan frozen shoulder adalah mengurangi peradangan dan nyeri pada sendi bahu, serta memulihkan lingkup gerakan sendi bahu. Tidak ada modalitas pengobatan tunggal yang dapat mengobati frozen shoulder dengan tuntas. Penanganan harus dilakukan dengan kombinasi berbagai modalitas, seperti:

• Medikamentosa (obat-obatan).
Nyeri merupakan keluhan utama pada pasien dengan frozen shoulder. Maka untuk membantu menghilangkan nyeri dan peradangan, biasanya dokter menggunakan obat anti radang non-steroid. Suntikan lokal anti radang secara berkala dapat juga diberikan.

• Rehabilitasi medik.
Untuk membantu mengurangi nyeri, mengurangi radang, dan meningkatkan lingkup gerakan sendi bahu digunakan berbagai modalitas fisioterapi (diatermi [short wave diathermy, ultrasound diathermy], pendinginan [cryotherapy], terapi listrik [TENS], terapi latihan [ROM exercises, stretching exercises]) dan terapi okupasi.

Tindakan pembedahan (operasi) untuk membebaskan perlekatan-perlekatan pada kapsul sendi dilakukan pada kasus-kasus frozen shoulder yang berat dan sudah berlangsung lama, dimana tindakan pengobatan lain telah dilakukan dan tidak memberikan perkembangan yang berarti. Namun, setelah tindakan pembedahan tetap harus diikuti dengan program latihan untuk memulihkan lingkup gerakan sendi bahu.

Pentingnya latihan di rumah
Selain program latihan yang dilakukan di bawah panduan terapis di klinik rehabilitasi medik, latihan di rumah untuk menghilangkan perlekatan pada sendi bahu harus dilakukan oleh pasien sendiri. Ia harus melakukannya, jika tidak janganlah berharap untuk dapat sembuh secara total.

Salah satu contoh latihan yang dapat dilakukan di rumah adalah “naik tembok dengan tangan”. Caranya adalah berdiri di samping dinding, tempatkan tangan yang mengalami frozen shoulder di dinding, sehingga lengan direntangkan. Kemudian perlahan-lahan pasien merambatkan tangannya naik ke atas (lihat gambar). Pada awalnya mungkin lengan tidak dapat dinaikkan secara penuh sesuai lingkup gerakan maksimalnya, namun usaha untuk dapat mencapai lingkup gerakan secara penuh harus terus ditingkatkan. Pasien yang berani melawan nyeri di bahunya sewaktu melakukan latihan, dapat dibebaskan dari frozen shoulder atau 'bahu beku'.

Jadi ketika bahu anda menjadi 'beku” janganlah ragu mencari pertolongan dokter, lakukan latihan dengan melawan nyeri, dan tetaplah gerakkan bahu anda untuk berbagai aktivitas. Karena mayoritas dari mereka yang mengalami 'bahu beku' berhasil mengembalikan lingkup gerakan sendi bahunya dengan penanganan yang benar. 
Walopun belum sembuh 100%, dan untuk gerakan tertentu masih sakit.. dari artikel di atas saya  meng-iya-kan klo yang paling penting adalah terus melatih gerakan bahu. Awalnya untuk digerakkan ke posisi tertentu memang sakit, tapi lama kelamaan sakitnya berkurang dan semakin lama semakin menghilang.. ato kalopun mentok di posisi tertentu, lama kelamaan akan bergeser sedikit demi sedikit, percayalah ^_^.

Untuk latihan, cobalah gerakan2 yang saya dapatkan waktu terapi ini...
Jadi, saat saya telah berhasil merambatkan tangan sampai ke atas, saya diajarin untuk menggerakkan tangan yang sakit dengan bantuan handuk dan tangan yang sehat.
Caranya begini, ke-2 tangan lurus ke belakang sambil memegang handuk.. kemudian ayunkan ke kiri dan ke kanan. Gerakan selanjut-nya, pegang handuk di belakang..  tangan yg sehat letakkan di atas sedangkan tangan yang sakit di bawah.. tarik handuk ke atas dan turunkan lagi ke bawah. Berikutnya, gerakan samping.. letakkan tangan ke samping badan yang sakit dengan posisi tangan yang sehat di atas, kemudian tarik handuk pelan2 ke atas melewati kepala, balikkan lagi ke semula begitu seterusnya. Yak ke gerakan ke-4, sekarang letakkan tangan ke depan ayunkan ke kiri dan ke kanan. Untuk seterusnya, silakan mempraktekkan semua gerakan.. apa aja boleh yang penting bahu bergerak ^_^.

Selain itu, nemu juga latihan ini di youtube.. lumayan buat olah gerak pagi2.

1 comment:

Anonymous said...

sepupu, tolong bantu untukkasus punggung dong di yutube. aku lali je pas lemarin di ajari hiks