Friday, June 22, 2012

Obat Batuk dan Maag Tradisional

Dalam sebulan ini, saya sempat terbatuk2 dan perut mual2. Tidak dalam waktu yang bersamaan, hanya sama2 tidak pake obat per-kimia-an, lha paling malas klo harus minum obat kecuali benar2 sudah tidak tahan dan lamaa ga sembuh2 :D

Kala batuk, biasa-nya saya mengobati-nya dengan cara ini.. bukan hal yang baru karena sudah umum dan hampir semua orang tahu...

1. Jeruk Nipis
Sudah sejak kuliah saya tinggalkan, karena selalu membuat radang tenggorokan.
cara-nya : peras jeruk nipis dan campurkan dengan kecap.

2. Jahe
Jahe direbus dengan gula merah.
Saya sih minum-nya klo dibuatin. Klo disuruh buat sendiri, mending jahe-nya dipotong kecil terus diemut, dianggap sebagai permen hehe praktis kan.

3. Kencur
Makan dengan dicocol garam, klo saya lebih suka makan kencur-nya aja tanpa garam.

4. Bawang merah dan bawang putih
Dipakai sebagai lalapan saat makan. Bawang putih-nya cukup 1 saja, karena klo kebanyakan bisa membuat perut mual.

5. Minum air putih yang banyak.

Saya tidak tahu kandungan apa di dalamnya yang membuat batuk menghilang, yang jelas.. terbukti manjur ^_^.

Nah, klo saya salah makan sampai membuat perut mual2.. saat itu biasanya makanan yang bisa masuk ke perut dan tidak membuat muntah hanya roti mari atau nasi. Jadi y sebentar2, saya makan roti mari atau 3 sendok nasi. O iya, + (plus) minum teh tubruk tanpa gula untuk memampetkan diare. 

Untuk kasus roti mari dan nasi, saya tidak tahu apakah ini cocok untuk semua orang. Yang pasti, saat maag..  perut tidak boleh kosong dan tidak bisa makan banyak (=makan sedikit tapi sering). Jadi disesuaikan sendiri y, apalagi tidak semua orang bisa makan nasi putih saja tanpa ada teman-nya.

Sedikit gosip : kemarin, waktu hanya makan nasi, 3 orang teman merasa heran kok bisa2-nya makan begitu. Daripada makan obat kata saya. Ya mending makan obat kata teman saya. Hihi padahal enak tuh, cobain d :P.

1 comment:

tjapeonk said...

oalah sepupu lg sakit to? pantesan sunyi senyap hehehe