Thursday, May 23, 2013

Masih Tentang Dokter Paulus

Tak terasa, jatah obat 30 hari sudah hampir habis. Waktunya konsultasi ^_^.

Kali ini, lebih banyak cerita. Gara2 saya datang telat.. =setelah dapat nomor 33 *lagi* saya pulang. Datang jam 12-an, eh yang masuk udah nomor 39. Karena aturan-nya yang telat menunggu sampai habis baru masuk sesuai kedatangan, urutan-nya berubah jadi nomor 2 dari belakang :D.

Yang datang.. memang rata2 orang2 yang sakit kista, tumor atau kanker. Tapi banyak juga yang bukan. Salah satu-nya seorang laki2, masih muda umur-nya 30-an lah. Datang dari bandung, sendiri. Orang-nya ceria, suka ngobrol. Karena ngomong-nya keras seperti orang batak pada umum-nya (wkwk jadi kesukuan), sedikit2 pembicaraan-nya terekam. Dia curhat klo sekarang tidak bisa memakan babi. (*saya jadi geli, teringat waktu 2 minggu pertama pantang, ngliat sayur balado terong dan teri atau tumis pare dan tempe ngiler-nya ampun2an *). Terus terdengar klo nanti sebelum pulang akan menumpang mandi di penjual soto sebelah. Dia melanjutkan lagi, klo sakit gagal ginjal dan besok jam 8 pagi jadwal-nya cuci darah. Ini pertama kali-nya ke sini, jadi tidak tahu progress berobat-nya. Tapi di kunjungan pertama, saya bareng dengan seorang bapak2 yang tubuh-nya sudah tidak bisa memproduksi darah merah dan darah putih (=lupa istilah medis-nya). Waktu itu kedatangan ke-2, dan kata-nya setelah sebulan meminum obat badan-nya jauh lebih enak.

Selain sakit gagal ginjal, ada juga yang dulu sinus dan sudah berobat kemana2 (singapura, malaysia, hongkong). Tidak  sembuh2. Waktu ke sini, langsung dibilang "kamu minum obat selama setahun saya jamin pasti sembuh". Dan betul sembuh. Saya diwanti2 untuk tidak lupa meminum obat-nya.

Saya juga sempat ngobrol dengan seorang oma. Oma ini sudah sejak 30 tahun yang lalu berobat, tidak selalu berobat hanya waktu sakit saja. Kata-nya, dulu pasien-nya masih sedikit jadi bisa ngobrol panjang lebar dengan dokter.  O iya, saya tidak tahu oma ini sakit apa, wong cuman bilang bukan kista, tumor juga kanker ^_^.

Begitulah edisi pasien2 dokter Paulus.

Eh ada yang lupa, sedikit curcol... seminggu pertama mengkonsumsi obat, saya diare sepanjang waktu. Sempat terpikir untuk berhenti meminum-nya. Waktu saya tanya.. ternyata wajar, karena itu membuang racun2 dalam tubuh.

No comments: