Wednesday, January 08, 2014

Retret Akhir Tahun Kemarin

Seperti tahun2 sebelum-nya, akhir tahun diisi dengan retret meditasi. Retret tahunan.

Walaupun sudah menjadi kebiasaan, saat meminta ijin, ibu protes "bisa tidak sekali2 akhir tahun di rumah, tidak ikut retret". Em,.. tahun kemarin tentu saja jawaban-nya tidak, entah-lah akhir tahun nanti.

Ini, merupakan retret pertama di tahun 2013, retret MTO. Sebelum-nya selalu ikut retret MTO dan retret MMD masing2 1x. Tapi tidak untuk tahun lalu.

MTO dan MMD sama persis, hanya pembimbing-nya berbeda. Sehingga cara penyampaian-nya pun berbeda. Saling melengkapi. Itulah alasan-nya kenapa ikut ke-2-nya. Meski porsi-nya belum sama. Yup, untuk urusan konsultasi, lebih sreg dengan pak Hudoyo (MMD). Suka dengan segala jawaban untuk semua pertanyaan :).

Sebenarnya menulis ini, karena kalimat ini...
"Jika diri/ego ada, itu adalah salah. Karena selalu menimbulkan konflik (saat berhubungan dengan apapun). Akan tetapi tahu bahwa itu salah sudah cukup (merupakan kebenaran). Dengan kata lain, mengetahui saat tidak sadar adalah sadar itu sendiri."

Kata2 romo Sudri dalam salah satu sesi dialog. Suka dengan 2 kalimat pertama, karena memang begitulah ada-nya.

1 comment:

Anonymous said...

hehe jd inget pertama kita bertemu dlm retret romo sudri, aku dialog 4 mata.. tetep ndak mudeng.. baru mudeng maknanya stlh menjalani dan ditambahi dgn pak hud..